Sejarah

 

Sejarah Lahirnya Sabhawana

Pada awal tahun 1979 ada perpanjangan masa belajar dari kenaikan bulan Januari di ubah ke bulan Juli.
Untuk mengisi kegiatan perpanjangan waktu tersebut pada saat itu SMA 3 mendapatkan fasilitas untuk dilatih oleh satu team Kopasandha (nama Kopasus pada saat itu – pelatihnya juga bukan team Mawar) untuk kegiatan pecinta alam tingkat SMA.

Pada saat itu yang ada adalah Biro Pecinta Alam dibawah kepengurusan OSIS SMA 3. Semua fasilitas itu kata elit  yang mengurus pada saat itu atas bantuan putra Bapak Soedomo. Latihan itu berlangsung 5 (lima) bulan dan resminya latihan itu berakhir bulan Juni 1979.

Kepesertaan latihan pada saat itu meliputi kelas 1 (disebut angkatan 81), kelas 2(angkatan 80) dan kelas 3 (angkatan 79) sejumlah +/- kurang 90 orang.
Kepesertaan mereka dalam kurun 5 bulan semuanya diberikan sertifikat yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah SMA 3 dan Ketua Team Pelatih Kopasandha.

Dengan berakhirnya latihan itu berdirilah Sabhawana tanggal 23 Juni 1979. Dan sejak itu meleburlah Biro Pecinta Alam OSIS SMA-3 dalam organisasi Sabhawana.

(dikutip dari posting Mas Gatot dimilis Sabhawana tanggal 17 Juli 2001)

Sejarah Nama Sabhawana

Saya ada sedikit cerita mengenai sejarah nama Sabhawana. Mengenai kebenarannya perlu di cek lagi sama teman-teman angkatan 1. Tetapi hal berikut adalah yang saya alami langsung kira-kira pada tahun 1979 atau 1980 (udah lupa euy).

Sebenarnya pada saat latihan berganda pertama, kita belum punya nama.
Kemudian kita berdiskusi tentang nama yang pantas untuk kelompok pencinta alam yang baru akan dibentuk pada waktu itu. Dari berbagai usulan ada dua yang menarik. Yaitu usulan dari Nicko. Dia mengusulkan Sabha Wana (tempatnya di hutan) atau Sabha Buana (tempatnya di dunia). Kita sepakat namanya Sabha Buana karena lebih luas dari pada hutan.
Tapi pada saat peresmian, Mas togap rasa-rasanya salah menyebutkan menjadi Sabhawana (mungkin karena lebih mudah diucapkan) sebelum menembakan salvo ke udara. Setelah itu resmilah nama Sabhawana yang lebih mudah diingat.

(dikutip dari posting Mas Chalid di milis Sabhawana tanggal 10 April 2002)

Facebook login by WP-FB-AutoConnect