May 032011
 

\"\"

KAHILTNA, KOMPAS.com – Tim ekspedisi tujuh puncak dunia mulai mendaki menuju puncak Denali (6.194 meter di atas permukaan laut/mdpl) dengan bergerak dari Kahiltna, kamp utama Denali, menuju kamp 1 pada Senin (2/5) waktu setempat atau Selasa (3/5) Waktu Indonesia Barat. Perjalanan ke kamp satu ditempuh sekitar 7-8 jam.

 

Tim beranggotakan Ardeshir Yaftebbi, Fajri Al Luthfi, Iwan Irawan, Martin Rimbawan, dan Nurhuda berangkat ke kamp satu sekitar pukul 11.00. Mereka mendaki dengan menggunakan jasa dua pemandu dari American Alpine Institute Kurt Hicks dan Dan Otter. Mereka akan menginap semalam di kamp 1 sebelum melanjutkan perjalanan ke kamp 2.

Perjalanan menuju kamp 1 dengan ketinggian 2.375 mdpl akan melalui medan padang bersalju yang relatif landai. Tim berjalan dengan teknik bergerak bersama (moving together) sembari membawa barang menggunakan ransel dan sled. Pergerakan bersama ini mengharuskan tim memiliki kecepatan berjalan yang seirama karena satu sama lain terikat dalam satu tali.

Menurut Kurt, pergerakan tim sangat bergantung pada cuaca dan suhu. Cuaca buruk seperti munculnya hujan salju yang tebal dapat menghambat pergerakan tim dan temperatur rendah juga dapat memengaruhi kondisi fisik.

Pendakian Denali diperkirakan memakan waktu 21 hari. Rencananya, tim akan mencapai kamp 3 di ketinggian sekitar 4.330 mdpl pada 8 Mei mendatang setelah melalui proses aklimatisasi dan pemindahan barang selama tujuh hari. Kemudian, perjalanan dilanjutkan ke kamp terakhir setelah 12 hari pendakian.

 

Sumber : Kompas.com

Facebook login by WP-FB-AutoConnect